x
NASIONAL

Ancaman Meningkatnya Angka Pengangguran Akibat Disrupsi Digital

Meski tingkat pengangguran terbuka terus menurun sejak 2015, pemerintah khawatir perkembangan ekonomi digital akan menghambat pencapaian target pengangguran 4%-5% di 2019.

Bank

Banyak bank menutup kantor cabang karena aktivitas perbankan sekarang lebih banyak dilakukan via e-banking atau mobile banking. | Katadata

Disrupsi teknologi ditengarai akan menjadi kendala yang menghambat pencapaian target pengurangan pengangguran dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Ini karena inovasi digital tak hanya merevolusi bisnis menjadi lebih efisien, tetapi juga merusak model usaha konvensional dan memangkas jumlah pekerja.

Dalam RPJMN 2015-2019, pemerintah menargetkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) mencapai 4%-5% dari jumlah angkatan kerja di 2019. Pada akhir 2015, rasio pengangguran terbuka mencapai 6,18%. Akhir 2016, TPT turun menjadi 5,61%. Adapun pada kuartal II-2017, tingkat pengangguran terbuka turun lagi menjadi 5,5%. Pemerintah menargetkan TPT mencapai 5,4% dari angkatan kerja pada akhir tahun ini.

Ingin membaca artikel selengkapnya?

Subscribe

Log In

Or
Do not have an account yet? Sign Up

Enter your e-mail address and we will send a link to reset your password

Back to Login
Do not have an account yet? Sign Up
Close